05 Oktober 2012

Atasi Radang Tenggorokan! -GADISmagz

Keadaan cuaca yang nggak menentu, ditambah dengan angin yang bertiup kencang pastinya membuat kita rentan terkena penyakit, seperti radang tenggorokan. Biasanya, radang tenggorokan ditandai dengan rasa sakit saat menelan dan panas di tenggorokan. Untungnya, ada cara alami yang bisa kita lakukan, untuk meredakan radang tenggorokan. Yaitu dengan:

Berkumur dengan air garam
Saat mengalami radang tenggorokan, cobalah berkumur dengan secangkir air hangat yang telah dicampur dengan satu sendok teh garam. Khasiat larutan ini mampu menarik air keluar dari membran sel, sehingga mengurangi bengkak/ peradangan di tenggorokan.

Minum teh hijau
Menurut data, 80 persen penyakit radang tenggorokan disebabkan oleh virus. Untuk mengatasinya, coba deh rajin mengonsumsi teh hijau. Pasalnya, menurut hasil riset, ekstrak teh hijau dapat mengeluarkan hormon interferon, yang berfungsi melawan virus penyebab sakit tenggorokan.

Minum madu
Selain disebabkan oleh virus, radang tenggorokan juga bisa disebabkan oleh bakteri Streptokokus. Nah untuk mengatasinya, coba campurkan dua sendok teh madu dengan secangkir air hangat. Larutan madu ini ampuh menghambat pertumbuhan bakteri, lho.

Istirahat yang cukup
Saat kita istirahat atau tidur, terjadi proses perbaikan sel-sel dalam tubuh. Nah saat terserang radang tenggorokan, sebaiknya jangan terlalu capek dan cobalah luangkan waktu untuk tidur. Tidur yang cukup akan memperbaharui kondisi tubuh dan mempercepat proses penyembuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar